Oleh: subari | April 15, 2008

Touch Screen (Layar Sentuh)


Touchscreen atau touch panels, atau touch monitor merupakan sebuah perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi grafikal dan visual yang merupakan output dari sebuah perangkat komputer. Namun, yang membedakannya dengan monitor atau layar televisi biasa adalah apa yang ditampilkan di dalamnya dapat secara langsung berinteraksi fisik dengan penggunanya. Maksudnya, Anda dapat langsung menyentuh layar penampil tersebut dengan tangan atau alat bantu untuk mengakses apa yang ditampilkan di dalamnya.

Cara Kerja Touchscreen
Sebuah layar touchscreen yang paling sederhana terdiri dari tiga buah komponen utama dalam bekerja. Komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1. Touch Sensor
2. Controller
3. Software driver

Touch Sensor
Touch sensor merupakan sebuah lapisan penerima input dari luar monitor.
Input dari touchscreen adalah sebuah sentuhan, maka dari itu sensornya juga merupakan sensor sentuh.




Controller
Controller merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara sensor dengan perangkat komputer yang akan memproses sentuhan tersebut.



Software driver

Software driver merupakan sebuah software pengatur yang diinstal pada perangkat komputer atau PC Anda yang tugasnya adalah untuk mengatur agar perangkat touchscreen dan komputer dapat bekerja sama untuk digunakan dalam berbagai macam keperluan.

Keterangan:
1. Touch sensor
2. Controller
3. Software driver

Teknologi Touchscreen
Berikut ini adalah beberapa teknologi touchscreen yang masing-masing memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri dalam aplikasinya:

>> Capasitive Touchscreen
>> Surface Wave Touchscreen
>> Resistive Touchscreen

Capasitive Touchscreen
Touchscreen jenis ini memiliki cara kerja yang cukup rumit, namun sangat andal dalam ketahanan dan kejernihannya.

Surface Wave Touchscreen
Teknologi touchscreen yang satu ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik.


Produk Microsoft terbaru:
Microsoft Surface: a touch screen table

Resistive Touchscreen
Touchscreen yang termasuk dalam jenis ini adalah touchscreen yang layarnya dilapisi oleh sebuah lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik.



Kekurangan layar sentuh
Namun touchscreen ini juga bukannya tanpa kelemahan. Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan elemen-elemen luar, kinerja dari layar sentuh ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya.

Touchscreen di Mana-mana
Layar touchscreen saat ini sudah dapat di lihat pada PDA, TabletPC, komputer PC baik di pakai sendiri atau banyak kita jumpai di mall-mall dan mesin ATM, banyak perangkat elektronik lainnya.







*————————————
Akbar
Andreas
Dodik

About these ads

Responses

  1. Bos bisa bantu saya ga? saya punya hp china 2 sim, layar sentuhnya pecah ke injak anak saya. waktu set ke pengaturan awal, hp minta klik kiri atas, kanan bawah, dan tengah di layar sentuh. apa ada skema layar sentuh ga? atau ada cara ngelepasnya dan meng non aktifkannya serta tidak berpengaruh ke yg lain.
    terima kasih.

  2. om sebenernya kita bisa gak bikin atau beli komponen touchscreen soalnya saya lagi penasaran mau bikin gadget atau semacamnya

  3. Ada koq om, perangkat sejenis layar sentuh tsb dijual..
    Sehingga layar flat kita bisa berfungsi selayaknya sebagai layar sentuh…
    Nah untuk yg digunakan pada gadget, saya belum pernah dengar tuh, ada atau tidak…

  4. dimana saya mendapatkan lapisan touchcreen? saya ada di surabaya? untuk membeli sofwarenya jg?/download drivernya dmn?
    sblumnya makasih.

  5. wah artikelnya bagus… kebetulan aku punya mobile watch V2, kebetulan juga lagi bermasalah, touch screen nya ga mau respons, kira2 apa ya masalahnya? jadi sekarang menu yang biasa harus dioperate melalui touch screen udah ga bisa di operate lagi.. tolong pencerahannya dong.. aku ada di qatar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: