Oleh: subari | Februari 17, 2008

Teknologi Blu-Ray Format DVD Masa Depan

PENGENALAN BLU-RAY
Blu-Ray adalah disk DVD dengan kapasitas menyimpan yang lebih tinggi, memungkinkan anda untuk menyimpan isi definisi tertinggi sampai dengan 25 GB.

Bagaimana Blu-Ray menyimpan data ?

Seperti halnya apa yang terjadi di CD dan DVD, pada Blu-Ray dan HD-DVD disc pit dan land diorganisir ke dalam single spiral track mulai pada pusat dari disk dan diakhiri pada batas dari disk. Semakin kecil jarak spiral track, lebih banyak data dapat disimpan di disk. pada disk Blu-Ray, jarak ini adalah lebih kecil dibanding disk HD-DVD ( 032 µm vs. 040 µm, berturut-turut).

GAMBARAN PROSES PENYIMPANAN DATA PADA TEK. BLU-RAY

Bagaimana Blu-Ray membaca data ?

Selama membaca disk Blue-Ray atau HD-DVD suatu laser ungu – biru dengan intensitas yang lebih rendah dipakai permukaan disk. Ketika sinar menjangkau suatu pit yang memantul balik dengan suatu intensitas yang lebih rendah dibandingkan ketika menjangkau pada land. Seperti pits berpasangan dengan ¼ dari panjang gelombang laser, cahaya terpantul menjangkau photosensor menemukan pada player Blu-Ray atau HD-DVD separuh panjang gelombang dephased (¼ di atasnya pada + ¼ pada jalan kembali = ½).Ini adalah bagaimana player Blu-Ray atau HD-DVD dapat mengenali jika satu bidang adalah suatu pit atau land : jumlah dari cahaya yang dicerminkan oleh suatu lahan adalah yang lebih tinggi dibanding jumlah yang dicerminkan oleh pit.

Anda bisa berpikir bahwa masing-masing spot di mana sinar dicerminkan dengan suatu intensitas yang lebih tinggi (land) sepadan dengan a “1” bit selagi masing-masing spot di mana sinar dicerminkan dengan suatu intensitas yang lebih rendah (pit) sepadan dengan a “0” bit. Bagaimanapun Blu-Ray dan HD-DVD player menggunakan transisi antara pit dan land atau land dan pit untuk menunjukkan a “1” bit dan ketidak hadiran dari transisi-transisi seperti itu untuk menunjukkan a “0” bit.

Masing-masing bit membaca dengan cara ini disebut optical bit . Mereka tetap tidak menunjukkan secara langsung suatu data “0” atau “1”. Suatu proses yang dikenal sebagai modulasi masih diperlukan untuk mengkonversi optical bit ke data bits .HD-DVD menggunakan teknik modulasi yang disebut ETM (Eight to twelve Modulation), yang mengkonversi masing-masing kelompok dari delapan data bits (satu byte) ke dalam 12 bit berhubung dengan optical bits. Blue-Ray menggunakan teknik 17PP modulasi yang mengkonversi variabel nomor dari optical bits pada dasar data bits didasarkan pada aturan-aturan yang digambarkan oleh algoritma modulasi.

Tampilan optik yang berfungsi untuk membaca dan menulis data.

Perbedaan Blu-Ray dan HD_DVD

* Seperti kita dapat lihat, secara teknologi berbicara Blu-Ray dan HD-DVD adalah sangat similar, perbedaan utama antara kedua adalah kapasitas penyimpanannya.
* Suatu Single layer Blu-Ray disc dapat menyimpan 25 GB, sedangkan single layer HD-DVD disk dapat menyimpan hanya 15 GB. Dual layer Blu-Ray disk dapat menyimpan 54 GB, sedangkan dual layer HD-DVD dapat menyimpan 30 GB.

TABEL TEKNIS Perbedaan Blu-Ray dan HD_DVD


BEBERAPA PERUSAHAAN ENTERTAINMENT
YANG MENSUPPORT TEKNOLOGI BLU-RAY


Kelebihan Blu-Ray

* Kapasitas penyimpan data yang lebih besar

Satu sisi keping cakram Blu-ray mampu menyimpan data hingga 25 gigabita, jauh melebihi kapasitas DVD yang hanya mampu menyimpan data 4,7 gigabita. Pada cakram Blu-ray dua sisi, maka kapasitasnya meningkat menjadi 50GB!

* Kompresi video mutakhir

Dengan kapasitas sedemikian besar, cakram Blu-ray menawarkan kompresi video yang paling mutakhir, dalam format High Definition (HD), seperti MPEG2, VC-1, dan H.264. Hal ini memungkinkan Anda menikmati pengalaman menonton yang luar biasa.

* Resolusi video hingga 1080p

Untuk hiburan berformat HD, cakram Blu-ray mampu menampilkan gambar hingga ukuran resolusi 1920 x 1080 yang akan tampak sangat spekatakuler pada layar televisi ukuran besar. Misal, Blu-ray player SAMSUNG BD-P1000 saling mendukung dengan LCD TV SAMSUNG tipe LA-52M81B yang juga dilengkapi teknologi FullHD 1080p.

* Transfer data berkecepatan tinggi

Blu-ray mampu mentransfer data sebesar 50 megabita setiap menitnya. Untuk memastikan kelancaran transfer data yang besar, dibutuhkan sebuah pemutar cakram Blu-ray yang dilengkapi dengan konektor HDMI (High Definition Multimedia Interface) yang menjadi standar untuk sinyal HDTV. Melalui HDMI, dapat ditampilkan sinyal HD hingga 1080p dan juga 8 channel audio yang tidak terkompresi. Jika monitor atau televisi Anda belum dilengkapi dengan konektor HDMI, koneksi melalui komponen video juga dimungkinkan menampilkan transmisi sinyal HD hingga 1080i

* Penerjemahan audio secara utuh (lossless).

Melalui konketor HDMI, cakram Blu-ray menawarkan berbagai standar audio terbaik, seperti Dolby Digital, Dolby Digital Plus, Dolby TrueHD, DTS, MP3 audio decoding, dan LPCM. Selain HDMI, Blu-ray juga menawarkan koneksi audio melalui optical dan digital coaxial ke speaker.

* Perlindungan anti-pembajakan yang lebih canggih.

Cakram Blu-ray juga bisa dilengkapi dengan piranti anti pembajakan yang lebih canggih. Hal ini memberikan perlindungan yang lebih pasti bagi pemegang hak cipta dan konsumen.

Blu-Ray Disc

* Media type: High-density optical disc Encoding: MPEG-2, MPEG-4 AVC (H.264), and VC-1
* Capacity: 25 GB (single layer), 50 GB (dual layer)‏
* Read mechanism: 1x@36 Mbit/s & 2x@72 Mbit/s
* Developed by: Blu-ray Disc Association
* Usage: Data storage, High-definition video and PlayStation 3 Games

Blu-Ray disc player

Untuk memainkan keping cakram Blu-ray, Anda memerlukan sebuah pemutar cakram Blu-ray (Blue-ray Disc Player), seperti Samsung BD-P1000. Sebagai piranti “Home Entertainment Digital Masa Depan”, BD-P1000 termasuk sebagai pemutar Blu-ray pertama di dunia.

Blu-Ray Devices


[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=9oKkqpA2ZoI&rel=1″>
sumber :
* http://www.republika.co.id
* http://www.compas.co.id
* http://www.detiknet.com
* http://www.yarisgroovy.com
* http://www.ivanstech.com
* http://www.blu-ray.com
* http://www.wikipedia.com
* http://www.37prime.com

*————————————————————————————
– IWAN PRIYANTO
– CAHYO UTOMO
– ERIKA ARDHYA GARINI
– FX AJI SATRIO


Responses

  1. Ihre Blog ist ja ganz ganz ganz Tol,
    Viellen Dank.

  2. thx for infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: