Oleh: subari | Februari 17, 2008

Wibree (Teknologi Bluetooth yang Hemat Energi)

The History………
Why did they call it Wibree?

Wibree…
Merupakan paduan kata dari “Wi” untuk “wireless” dan “bree” dari bahasa Inggris kuno untuk “crossroad”. Atau bisa diartikan secara harafiah adalah sebuah tempat dimana dua hal datang secara bersamaan. Description… Sebuah terobosan baru jaringan nirkabel jarak pendek yang hemat energi, yang mengadaptasi mekanisme kerja dari bluetooth. Yakni, teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk transfer data nirkabel Disebut dengan Ultra Low Power Buetooth Technology (ULP Bluetooth)
Fasilitas yang ditawarkan…

* Bekerja pada frekuensi 2,4 GhzKecepatan data yang ditawarkan mencapai 1Mbps.
* Menjembatani perangkat digital secara nirkabel dalam radius nol hingga sepuluh meter.
* mampu mengkoneksikan perangkat digital dari multi-vendor.

Kelebihannya…

* Lebih hemat energi, hanya 10-20% daya yang dipakai radio bluetooth biasa
* Berukuran lebih kecil
* Penggunaan Wibree dalam beragam perangkat digital bisa lebih memangkas biaya produksi

Implementasi
• Dual Mode
bekerja bersama fitur Bluetooth yang sudah ada di dalam satu perangkat dengan biaya yang lebih rendah. Impelementasi dual mode ini ditargetkan untuk digunakan pada ponsel, komputer multimedia, dan PC.

• Stand Alone
Dirancang untuk diaplikasikan pada perangkat yang memerlukan energi sangat minim.(extremely low power consumption), ukuran kecil, dan harga ringan. Sehingga kuantitas data yang dikirim juga kecil.

Contoh perangkat yang dibidik oleh implementasi stand alone adalah perangkat olah raga, jam,mainan, juga perangkat yang menghubungkan manusia atau human interface devices, seperti wireless keyboard.


Partner…
Perumus spesifikasi

* Broadcom Corporation
* CSR

Pemegang lisensi

* Epson
* Nordic Semiconductor

Aplikasi
• Perangkat olahraga & kesehatan
Sport watches, yang terkoneksi dengan sensor di tubuh, sepatu, dan peralatan kebugaran yang lain,dapat mengukur detak jantung, jarak, kecepatan, dan akselerasi, lalu mengirimkan informasinya selular atau PC untuk disimpan atau proses yang lain.
• Wireless office and mobile accessories
will benefit from Wibree’s small size and ability to extend battery life. These accessories can also use Wibree to avoid dongles for connectivity; which add an extra component and raise the overall cost.
• Peralatan Pencatat Kesehatan
sensor akan memanfaatkan Wibree untuk mengirim informasi kesehatan yang penting (tekanan darah, kadar gula) ke perangkat lain (semisal PC) yang akan memproses informasi ini.
• Entertainment Equipment

dapat meningkatkan kapabilitas wireless remote-control dan sensor game, sehingga menciptakan pengalaman bermain game yang semakin interaktif.

Bluetooth vs Wibree

* Bluetooth menggunakan teknologi frekuensi yang “meloncat” (frequency hopping technology ) atau menyebar signal untuk menghindari gangguan dari perangkat lain yang beroprasi di frekuensi yang sama. Sedangkan Wibree tidak menggunakan frekuensi hopping.

* Bluetooth menggunakan ukuran paket data yang tetap. Hal ini meningkatkan pemakaian energi, karena membutuhkan waktu yang sama meskipun paket terisi hanya seperlima saja.. Wibree memiliki ukuran paket data yang bervariasi dan mengirimkan hanya ketika dibutuhkan.

* Bluetooth sangat banyak menghabiskan energi baterai, sedangkan Wibree dapat mempertahankan energi baterai. Perbedaan yang sangat mencolok dengan bluetooth, wibree berubah menjadi sleep mode ketika tidak sedang mengirim data, sehingga menghemat banyak sekali daya.

* Perbedaan penggunaan utama antara wibree dan bluetooth adalah pada karakteristik traffic-nya. Bluetooth berguna ketika mentransfer file menggunakan handsfree dll, di mana volume data yang diperlukan untuk transfer sangat mencukupi.

* Wibree digunakan dalam wilayah di mana hanya arus pendek data yang perlu dikirimkan. Remote, sensor data dll.

Nokia aeon phone concept –
Future mobile phones will
include Wibree (Credit: Nokia)

Contoh perangkat elektronik yang cocok untuk wibree

Gambaran penggunaan wibree di masa depan

Teknologi bluetooth yang hemat energi ini hingga sekarang masih belum memiliki harga pasar, dan baru akan diluncurkan versi komersialnya pada awal tahun 2008.

*———————————
– Angela Ade
– Dewi Yunita
– Emmanuel Ade
– Triangga Octavianto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: