Oleh: subari | Maret 1, 2008

GoogleOS, apa itu?


Seajarah Google
Google dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Mesin pencari mereka disebut “BackRub” karena pranala kembali sistemnya dapat memperkirakan pentingya sebuah situs.

Sebuah mesin pencari kecil bernama Rankdex telah menggunakan strategi yang sama. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, Page dan Brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka, dan mendirikan tumpuan untuk mesin pencari mereka.
Halaman utama Google menampilkan desain sederhana yang telah membantu mempopulerkannya.Mesin pencari Google menarik perhatian diantara jumlah pengguna Internet yang terus meningkat, yang menyukai desain simpelnya dan penggunaannya. Pada tahun 2000.

Nama “Google” berasal dari ucapan “googol” yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang itunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata “google”, dimasukkan dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.”

Google Operating System (GOS)

1. pengertian
Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Jadi gOS adalah sistem operasi yang menghubungkan antara lapisan hardware dan lapisan software yang berbasis Ubuntu Linux 7.10 Gutsy Gibbon.Perbedaannya sama seperti Linux Mint, hanya pada pemaketan software – softwarenya.
Dibuat berdasarkan Ubuntu Linux 7.10 dengan tampilan Enlightenment E17, hampir seluruh kegiatan PC anda akan dikerjakan dengan aplikasi – aplikasi Google lewat Firefox; Mail, Calendar, News, Maps dan Documents & Spreadsheets. gOS juga datang dengan OpenOffice.org 2.2 dan beberapa aplikasi favorit Linux lainnya.
gOSMemang sistem operasi ini lebih diarahkan ke web application. Secara default sistem operasi ini menyertakan launcher ke web – web ternama (dan kebanyakan Google) : GMail, YouTube, Google, Google Docs, Orkut, Wikipedia, dll.
gOS merupakan OS modifikasi dari ubuntu. G dari gOS adalah green, namun banyak orang yang mengasosiasikan dengan Google. gOS ini memang dirancang untuk beberapa aplikasi online Google dan beberapa aplikasi Open Source lainnya.

2. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem OperasiCommand Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS inti umum

gOS adalah operating system baru yang di develop good operating system (OS) company untuk Google company. tampilan nya mirip mac os, karna gOS ini di develop base kernel ubuntu dan dekstopnya menggunakan enlightenment. Operating gOS (Google O.S) ini memiliki features

• Google Mail :

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004,pengguna diberi ruang di sini agar dapat menyimpan berkas-berkas tertentu baik yang berupa teks maupun lampiran. Hal yang menarik dari Gmail ini adalah kapasitas dari mail box yang selalu bertambah.

Dan sampai saat ini (Juni 2006) kapasitas total per account-nya hampir 3 GB (peluncuran pertama ‘hanya’ 1 GB). Gmail sampai saat ini masih dalam tahap beta. Tampilan inbox (“Surat Masuk”) Gmail dalam bahasa Indonesia.


• Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal. Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 10 MB per email.

• Google News :

pengguna bisa langsung mengakses ke sumber berita melalui sebuah artikel yang dipilih. Layanan Quicklinks menyediakan tema seperti ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, kesehatan dan bincang-bincang secara langsung. Namun untuk sementara ini Google News hanya tersedia untuk perangkat bergerak di wilayah AS, namun rencananya akan diperluas ke pasaran internasional

• Google Maps :

Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google, Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, Bulan, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di U.S., Kanada, Jepang, Hong Kong, China, UK, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Google Maps masih berada dalam tahap beta.

• Google Docs :


aplikasi pengolah kata dan spreadsheet mirip dengan Microsoft word dan excel. Bedanya dengan aplikasi office milik microsoft adalah aplikasi yang disediakan oleh google ini online dan tentu saja gratis. Google menyebut layanan ini sebagai Google docs.

• Meebo

Meebo.com adalah situs yang menyediakan layanan IM yang populer di internet. meebo terintegrasi dengan instant messaging lainnya seperti yahoo, msn, google talk dan aim. istimewanya meebo tidak perlu didownload atau diinstall karena berjalan langsung dari browser.Keuntungan menggunakan meebo adalah untuk yang memiliki account di beberapa IM dapat berkomunikasi di sini sehingga dapat menggunakan komputer mana saja tanpa harus menginstall aplikasinya seperti yahoo messenger dll.dan kita dapat terus terupdate dengan sesama teman user lainnya.

• Youtube

menyediakan sekitar 100 juta video yang dilihat setiap hari dan diperkirakan dikunjungi oleh sekitar 72 juta orang setiap bulan.

• Blogger

sebuah web dengan beberapa fitur tambahan. Misalnya adanya kemudahan update blog kapan dan di mana saja. Bahkan, update blog bisa dilakukan via e-mail. Bukan saja e-mail lewat PC atau komputer biasa, namun juga lewat e-mail yang dikirim via ponsel dan PDA.

• google products

sebuah mesin pencari produk dilengkapi dengan pembanding harga dan spesifikasi masing-masing produk.

• Fecebook

merupakan perpustakaan digital yang menyediakan layanan jasa berupa mendownload buku digital secara gratis, juga disediakan fasilitas dalam bentuk full view untuk membacanya.

• box.net

membantu untuk mengakses video, muzik dan fail-fail hiburan dari cakera.

• Dll

3. kuntungan GOS
a) Beberapa fitur mencolok dari gOS ini membuat pengguna dengan mudah mengakses berbagai layanan (service) dari Google (YouTube, Google Product Search, Google Calendar, dan Google Maps).
b) Pengguna juga difasilitasi untuk bisa dengan mudah mengakses Wikipedia dan Facebook. Selain aplikasi online, juga ada Xine, Skype dan OpenOffice.org
c) membuat kesan lebih lembut untuk mata pengguna, karena tampilan GOS yang dominan berwarna hijau, desktopnya menggunakan Enlightenment E17 yang dimodifikasi penuh. Distro ini hadir dalam bentuk Live CD.
d) Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

*—————————————-
Vembi Kusuma .W.
Niam Yusuf Awallu
Denny Prima Prakasa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: