Oleh: subari | November 4, 2008

Teknologi Honda Riding Trainer Sebagai Inovasi Robot Simulator


Pengertian Robot
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, atau menggunakan program yang telah didefinisikan (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Biasanya menunjuk robot industri digunakan dalam garis produksi. Penggunaan lainnya termasuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, cari dan tolong, dan pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, penyedot debu, dan pemotong rumput.


Perkembangan Robot
Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.

Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin dapat menyelesaikan masalah ini. Robot Online UJI dari University Jaume I di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan yang berlaku dalam bidang ini.

Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua perusahaan khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area yang berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis atau kimiawi antar perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan pembaca cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk tugas-tugas ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden dahulunya spesialis Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain mencoba membuat kaki kepiting yang dapat bergerak dan tersambung penuh.

Robot bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut “nanomotor” dan “kawat cerdas” diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan.

Robot Simulator dan Otonom

1. Robot Simulator
Berasal dari kata robot dan simulasi.

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, atau menggunakan program yang telah didefinisikan.
Simulasi adalah semacam tiruan / bentuk peniruan terhadap suatu hal / benda dan hampir menyerupai aslinya, meskipun secara fisik dan non fisik ada yang dirubah.

Sehingga dapat disimpulkan Robot Simulator adalah sebuah alat mekanik yang bekerja di bawah pengawasan dan kontrol manusia dan dibuat serta diprogram dengan tujuan tertentu dan merupakan bentuk peniruan dari sesuatu yang telah ada sebelumnya.

2. Robot Otonom
Berasal dari kata robot dan otonom.

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, atau menggunakan program yang telah didefinisikan.
Otonom adalah berdiri sendiri / dapat diartikan sebagai suatu hal yang dikerjakan semuanya secara sendiri.

Sehingga dapat disimpulkan Robot Otonom adalah sebuah alat mekanik yang telah dibuat dan diprogram sedemikian rupa sehingga dapat bekerja sendiri sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan biasanya sudah tidak memerlukan kontrol dari manusia.


Apa itu Simulator Honda Riding Trainer

Satu lagi terobosan baru yang dikeluarkan Honda yaitu Honda Riding Trainer diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada saat Jakarta Motor Show 11 November 2006 yang lalu.

Honda Riding Trainer merupakan simulator dengan desain yang sederhana. Ukuran panjang 1.575 mm, lebar 568 mm, dan tinggi 923 mm. Berat sekitar 29 kg. Simulator sepeda motor ini berbentuk seperti mainan game komputer. Komponen utamanya terdiri dari setang dan rangka sepeda motor, pedal transmisi, tempat duduk, 1 unit komputer dan video. Cara pengoperasian alat ini sangat mudah seperti halnya bermain video game.

Simulator “Honda Riding Trainer” didesain berdasarkan pengalaman bertahun-tahun Honda dalam kegiatan Safety Riding bagi masyarakat, termasuk siswa SMU/SMK, mahasiswa, pegawai negeri dan swasta. Perangkat ini bila dibandingkan dengan versi pendahulunya sangatlah ekonomis dan mudah dioperasikan serta tidak memerlukan ruangan yang luas.
Pabrikan Honda yang mengembangkan alat ini memberi nama teknologinya dengan sebutan Honda Riding Trainer. PT Astra Honda Motor (AHM) berencana mengimpor 30 unit alat simulasi berkendara. Harga untuk setiap unit alat peraga tersebut berkisar Rp 20 juta. Dengan demikian, secara kumulatif perusahaan ini akan mengeluarkan dana sekira Rp 600 juta untuk mengimpor peralatan tersebut. Sebagian besar alat ini akan ditempatkan di dealer utama dan sisanya akan dipakai untuk kampanye safety riding di berbagai kota di Indonesia.

Riding Trainer sudah dilengkapi dengan software pengoperasian yaitu Riding Advisor yang langsung dihubungkan lewat kabel USB ke komputer. Dalam software ini terdapat 2 mode untuk pelatihan awal yaitu clucth operation practice mode dan riding practice mode. Selain itu software ini juga dilengkapi petunjuk bagi pemula maupun pengendara yang telah berpengalaman, tersedia juga simulasi transmisi manual dan transmisi otomatis serta banyak pilihan untuk setting-an untuk pengalaman latihan yang dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan pengguna. Ditambahakan juga tampilan seacara visual dalam berbagai versi bahasa.
OS yang cocok untuk Honda Riding Trainer yaitu minimal Microsoft Windows Xp Service Pack 1 ke atas.

Kegunaan Honda Riding Trainer

Honda Riding Trainer dirancang untuk membantu penggunanya dalam mengontrol serta mengembangkan keterampilan dalam menghadapi berbagai kondisi lalu lintas yang paling berbahaya sekalipun tanpa resiko sama sekali. Perangkat ini dilengkapi fungsi evaluasi sebagai bahan masukan bagi para pengguna.
Simulator yang dibuat dengan teknologi canggih bukan saja dapat menstimulasikan bagaimana kecelakaan bisa terjadi, namun juga cara menghindarinya dengan benar. Dengan alat ini diharapkan Honda dapat turut aktif menurunkan angka kecelakaan lalu lintas yang telah banyak melibatkan pengendara motor khususnya di Indonesia.

Bagian-Bagian Honda Riding Trainer

Berikut merupakan bagian-bagian detil dari simulator Honda Riding Trainer :

Berikut merupakan keterangan dari gambar di atas:

1. Monitor : Menampilkan gambar secara visual

2. Handle Bars/Gas: Untuk menambah atau mengurangi kecepatan

3. Front Brake Lever/Rem Depan: mengurangi laju kecepatan kendaraan untuk ban depan

4. Clutch/Kopeling: Persneling depan untuk menarik kampas sebelum memasukkan gear

5. Gear Lever/Persneling: Untuk mengganti laju gear sehingga dapat mengurangi / menambah kecepatan

6. Pedals: Sebagai tempat pijakan kaki

7. Speaker: Untuk menampilkan suara

8. Rear Brake/Rem Belakang: Untuk mengurangi laju kecepatan kendaraan untuk ban belakang

9. PC : Tempat dimana semua program untuk menjalankan simulator ini di-install

10. Tempat Duduk : Berfungsi sebagai penyangga badan

Spesifikasi PC Yang Dibutuhkan

1. Motherboard Intel DGCL 101
2. Processor 3.0 Ghz
3. RAM 512
4. PCI Express 256 Mb
5. Hardisk 80 Gb
6. CD-ROM Lite On

Cara Menhubungkan Honda Riding Trainer Pada PC

1. Tancapkan kabel power yang terdapat pada setir ke colokan listrik.
2. Hubungkan kabel USB dari setir ke PC.
3. Pastikan hadware baru tersebut telah terdeteksi pada komputer (lihat pada kanan bawah taskbar akan muncul tulisan ‘found new hadware’.
4. Masukkan CD Installer dari Honda Riding Trainer yaitu Riding Advisor (caranya sama seperti kita meng-install pada umumnya).
5. Jika proses peng-install-an sudah selasai akan muncul perintah restart now, pilihlah yes.

Settingan Pada PC

Masuk pada control panel lalu pilh game controller. Pastikan disana telah terdeteksi. Kemudian untuk menjalankannya pilih icon Riddng Trainer pada desktop.

Manfaat Honda Riding Trainer
Salah satunya adalah upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya untuk pemakai sepeda motor. Selama pameran berlangsung, untuk pertama kalinya diselenggarakan acara safety riding course. Dengan program ini, AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) berharap dapat memberikan pendidikan dan pengetahuan bermanfaat tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Dalam sambutannya, Ketua Umum AISI, Ridwan Gunawan, menyatakan, keselamatan pengendara memang menjadi perhatian utama para produsen kendaraan roda dua. Selama pameran ini, anggota AISI mengadakan demonstrasi dan pelatihan bagaimana mengendarai sepeda motor dengan aman, nyaman dan benar.
Masalah kecelakaan memang mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Iskandar Abubakar, angka kecelakaan sepeda motor terbilang tinggi. Pemerintah akan terus berupaya mengurangi angka kecelakaan tersebut melalui berbagai kegiatan positif seperti kegiatan yang bertemakan safety riding course ini.

Video:

*———————————
ALEXCIUS, RIZKI, HENDI.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: